Kondisi Geografis Desa


Kondisi Geografis Desa

 

        Wilayah Desa Pakamban Daya secara Geografis berada di 113°38’ BB,  113°39’ BT, dan  7°4’ LU,  7°6’ LS. Dengan Toporafi wilayah Desa Pakamban Daya berada pada ketinggian 0 – 200 m dari permukaan air laut, dimana kondisi daratan dengan kemiringan <20%  sebanyak 223 Ha dan berombak dengan kemiringan 3,1 – 15 % sebanyak 25 Ha. Angka curah hujan rata-rata cukup rendah, sebesar 1.112,4 mm pertahun sebagaimana daerah lain di Indonesia, Desa Pakamban Daya beriklim tropis dengan tingkat kelembaban udara lebih kurang 65% dan suhu udara rata-rata 24 – 32°C, serta curah hujan terendah terjadi pada bulan juni sampai dengan Oktober. Iklim Desa Pakamban Daya sama dengan iklim keseluruhan Kabupaten Sumenep, yakni iklim tropis dengan 2 musim, yaitu musim hujan antara bulan Nopember – April dan musim kemarau antara bulan April Nopember.

       Secara Administrasi Desa Pakamban Daya terletak sekitar 4 Km dari Kantor Kecamatan Pragaan, ± 37 Km dari Kabupaten Sumenep, dengan dibatasi oleh wilayah desa-desa tetangga. Di sebelah utara berbatasan dengan Desa Pordapor dan Desa Guluk-guluk, sebelah timur berbatasan dengan Desa Jaddung, sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Pakamban Daya, sedangkan disebelah barat berbatasan dengan Desa Sentol Daya dan Desa Sentol Laok.

       Luas wilayah Desa Pakamban Daya sebesar 313,60 Ha. Luas lahan yang ada terbagi dalam beberapa peruntukan, dapat dikelompokkan seperti untuk Fasilitas umum, Pemukiman, Pertanian, Kegiatan ekonomi dan lain-lain. Luas lahan yang diperuntukkan fasilitas umum diantaranya untuk jalan, untuk bangunan umum dan untuk pemakaman.

       Sedangkan untuk aktifitas pertanian dan penunjangnya terdiri dari Lahan Sawah 3,0 Ha, Tanah kering 310,60 Ha.
Oldest