potensi desa pakamban daya, pragaan sumenep

Desa Pakamban Daya terdiri dari 8 dusun, Setiap dusun mempunyai potensi yang berbeda, potensi utama pada desa ini adalah siwalan dan pepaya karena hampir setiap dusun terdapat pohon siwalan dan pepaya, namun kurang dimanfaatkan oleh masyarakat Pakamban daya.

  1. Dusun Bakburu, mempunyai potensi kacang tanah yang sangat melimpah. sebanyak 70% masyarakat dusun Bakburu menanami lahannya dengan tanaman kacang tanah.
  2. Dusun Nongbunter, sebagian masyarakat Nongbunter menanami lahannya dengan cabe dan sebagian lainya masyarakat memanfaatkan kelapa yang tumbuh disepanjang jalan dusun Nongbunter.
  3. Dusun Goa, memiliki goa putih yang berpotensi untuk obyek wisata alam.
  4. Dusun Panggung, di dusun ini terdapat pondok pesantren yang cukup besar dan sepanjang jalan banyak di tumbuhi pohon pisang dan kelapa.
  5. Dusun Prangalas, pada dusun ini terdapat pembuatan genting.
  6. Dusun Preng Taleh, pada dusun ini sebagian besar lahan ditanami pohon jagung.
  7. Dusun Tengger, Mata pencaharian utama warga dusun tengger adalah sebagai petani jagung dan tembakau, dengan perkebunan penunjang seperti siwalan, kelapa, jati dan pisang. Bentang alam dusun ini memanjang dengan adanya lahan pertanian, aliran sungai nan jernih, dan sumber mata air yang baik.
  8. Dusun Telaga, di dusun inilah pusat dari kegiatan kepemudaan desa sekaligus sebagai basecame kegiatan kepemudaan sebagai pelopor kegiatannya, dengan adanya FPPD(Forum Pemuda Pakamban Daya) organisasi ini bergerak pada bidang sosial kemasyarakatan.







Previous
Next Post »