Ini Desa Kami, Desa Pakamban Daya


Pakamban Daya merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep, secara geografis Pakamban Daya terletak di wilayah perbukitan kapur di sebelah Selatan Desa Pakamban Laok dengan batas disebelah timur desa Jaddung, disebelah barat desa Sentol Daya, disebelah Utara Kecamatan Guluk Guluk.

Kearifan warganya yang menjadikan Desa Pakamban Daya terkenal ramah. Desa Pakamban Daya juga mempunyai banyak kegiatan yang melibatkan kebersamaan antar warga seperti pengajian dan lainnya, dengan mendengar lantunan ayat ayat suci al qur’an yang di bacakan dalam pengajian tersebut dapat membuat suasana warga desa jadi tenang dan damai. 

Warga desa Pakamban Daya memiliki sesuatu yang tidak dimiliki warga kota dan desa lainnya, yakni kebersamaan. Kebersamaan inilah yang memberikan perlindungan, rasa aman, bagi setiap warga desa. Budaya pesantren sangan melekat di desa Pakamban Daya ini, terdapat banyak yayasan pondok pesantren diantaranya Yayasan Nurul Asrar,. Yayasan Al – Azhar  KH. Moh. Yasid, S.Ag, Yayasan Nurul Jali , Yayasan Pendidikan dan Sosial Al-Ihsan (YAPSA) , Yayasan Al-Akhyar, ayasan Nurul Arifin.

Dengan banyaknya luluan dari pesantren maka dapat mencipakan lulusan yang berkualitas bukan mengerti tentang pengetehuan umum saja tapi juga pengetahuan mengenai agama. Dalam perspektif agama, masyarakat di Desa Pakamban Daya termasuk dalam kategori masyarakat yang homogeny. Hal ini dikarenakan sebagian besar masyarakat Pakamban Daya beragama Islam. Secara cultural, pegangan agama ini didapat dari hubungan kekeluargaan ataupun kekerabatan yang kental diantara mereka. Selain itu perkembangan agama berkembang berdasarkan turunan orang tua ke anak ke cucu. Hal inilah membuat Islam mendominasi agama di Dusun-dusun Pakamban Daya. 

Mata pencaharian utama warga Desa Pakamban Daya adalah bertani/berkebun, banyak potensi pangan yang dapat dikembangkan seperti komoditi pisang, kelapa dan siwalan. Pada hakikatnya, jika komoditi-komoditi tersebut bisa dimanfaatkan dan diolah secara sempurna maka dapat dijadikan salah satu mata pencaharian penduduk Pakamban Daya yang mampu menambah pendapatan masyarakat Pakamban Daya.

Aktifitas ekonomi juga berkembang di Desa Pakamban Daya dengan adanya produksi genting yang penjualannya sudah meluas bukan hanya di wilayah Pakamban Daya saja. Di Desa Pakamban Daya juga terdapat produksi aneka camilan terbuat dari jagung yang diproduksi oleh UD FHD 4 Bersaudara. Hal ini bisa membantu dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Pakamban Daya dengan memanfaatkan kekayaan alam yang ada di Desa Pakamban Daya itu sendiri. 

Keindahan sunset di Dusun Nongbunter Atas yang merupakan salah satu bagian dari Desa Pakamban Daya tidak kalah menakjubkan.Tidak banyak orang mengetahui keindahan tersebut.

Desa kami menawarkan pesona kebersamaan. Keindahaan alam desa kami juga akan membuat pengunjung tidak akan bosan dan tinggal di desa kami. Desa kami berdiri dengan pondasi keramahan yang memang telah menjadi kebiasaan dan sebuah tuntutan. Kami selalu berpedoman bahwa hidup tenang dan nyaman tidak harus di pergi jauh-jauh ke ibukota, karena disinilah surga kami yang sebenarnya, ini desa kami, Desa Pakamban Daya.
Previous
Next Post »