Mahasiswa Gugah Semangat Warga untuk Kembangkan Olahan Kripik Pisang Varian rasa


Pisang merupakan salah satu pohon yang banyak tertanam di desa kami, desa pakamban daya. Banyak dari warga kami yang mempunyai pohon pisang yang ditanam di sekitar rumah, sawah, dan ladang.
Dari banyaknya pisang tersebut, penduduk kami hanya menjual pisang tersebut kepada pengepul dengan kisaran harga 30 sampai 50 ribu per tandan. Hal ini masih kurang maksimal karena jika pisang tersebut sudah berbentuk produk, maka bisa dipastikan harganya dapat sangat menguntungkan warga.
Melihat hal ini, mahasiswa yang sedang melakukan program KKN mengajak warga, khususnya para ibuk-ibu, melaksanakan pelatihan untuk mengolah pisang menjadi produk kripik dengan aneka varian rasa.

Dari kegiatan yang sudah terlaksana, produk olahan kripik ini menghasilkan produk kripik varian rasa seperti rasa original, coklat, keju, balado, dll.

Dengan kegiatan ini, kami berharap penduduk pakamban daya menjadi lebih kreatif untuk membuat olahan pisang lainnya demi menunjang kegiatan ekonomi warga dan dapat mensejahterakan ekonomi desa melalui produk dengan bahan baku yang sudah tersedia di dalam desa pakamban daya.
Kami sangat berterimakasih kepada mahasiswa KKN lewat usahanya dalam menggugah semangat warga dalam membuat produk dari pisang ini, diharapkan kegiatan semacam ini akan terus berlanjut sehingga warga kami semakin mengetahui akan pentingnya pemanfaatan pisang bagi kegiatan ekonomi desa pakamban daya.
Selamat dan sukses.
Newest
Previous
Next Post »