Pelatihan pengisian administrasi desa oleh bapak Asim Asyari Dari Universitas Trunojoyo




Pengisian dokumen desa seperti dokumen-dokumen administrasi merupakan tanggung jawab dan tugas dari perangkat desa setempat. Dalam pelaksanaannya, perangkat desa bertanggung jawab dalam pengisian dokumen administrasi desa berdasarkan jabatan yang diemban. Semisal, masalah administrasi tentang dana desa, maka menjadi tugas dan tanggung jawab kaur keuangan, dan begitupun dengan bidang yang lainnya.
Pengisian administrasi desa menjadi masalah tersendiri bagi desa kami, mengingat faktor usia dan tingkat pendidikan para perangkat desa kami yang rata-rata hanya lulusan SMA sederajat, para perangkat desa yang bekerja di lingkungan balai desa pakamban daya mengalami masalah. Masalah ini diantaranya seperti proses atau alur pengisian yang sulit dimengerti oleh perangkat kami, hingga terkendala dengan kurangnya pemahaman akan pentingnya pengisian dokumen administrasi desa tersebut.
Untuk mengatasi masalah tersebut, desa pakamban daya dengan di bantu oleh mahasiswa KKN dari universitas trunojoyo melaksanakan sebuah pelatihan pengisian administrasi desa. Pelatihan ini mendatangkan seorang pemateri yang kompeten dibidangnya yang didatangkan langsung dari Universitas Trunojoyo Bangkalan Madura. Beliau adalah seorang dosen yang bernama bapak Asim Asyari, SE., M.Ak.
Dalam materinya, beliau memaparkan betapa pentingnya pengisian administrasi desa. Adminsitrasi yang dimaksud yaitu meliputi Administrasi Umum, Administrasi Penduduk, Administrasi Keuangan, Administrasi Pembangunan, dan Administrasi lainnya.
Pelatihan ini yang dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2017 kemarin. Alhamdulillah.. acaranya berjalan sukses dan lancar.
Kami sangat berterima kasih kepada bapak asim, karena dengan materi yang disampaikan, perangkat kami sekarang sudah bisa melakukan pengisian administrasi desa sendiri. Kami juga berterimakasih kepada mahasiswa KKN, karena tanpa dukungan dan program kerja KKN tersebut, pelatihan ini tidak akan terlaksana. Kami berharap pelatihan semacam ini akan terus dilaksanakan dan dapat bermanfaat bagi desa pakamban daya, khususnya perangkat desa pakamaban daya.
Selamat dan Sukses.
Previous
Next Post »