Potensi Kelapa Pakamban Daya






Kelapa merupakan sebuah pohon yang sering disebut menjadi pohon seribu guna. Hal ini bisa dibuktikan karena memang mulai dari akar hingga ujung pohon ini dapat dimanfaatkan menjadi berbagai benda yang bernilai ekonomi. Dari pohon ini, dapat diambil akarnya menjadi berbagai hal seperti kerajinan.
Dari batang pohon kelapa yang menjulang tingga dan panjang, dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan pengganti kayu yang harganya cukup mahal. Buah kelapa bisa dimanfaatkan menjadi santan kelapa, minyak, serta makanan olahan lainnya. Sedangkan daun kelapa dapat dimanfaatkan sebagai hiasan dengan mengambil daun kelapa yang masih muda. Untuk daut yang sudah tua masih dapat diambil lidinya sebagai bahan pembuat sapu lidi, dan daun yang kering dimanfaatkan sebagai bahan pembakaran untuk tungku masak tradisional di desa.

Jika membahas pohon kelapa, tentu saja desa kami tidak mau ketingalan. Di desa pakamban daya mempunyai potensi kelapa yang cukup melimpah. Jika pengunjung pergi ke desa kami, maka disepanjang jalan desa, akan terlihat jajaran pohon kelapa yang berjajar bersama pohon pisang dan pohon siwalan.
Dengan potensi pohon kelapa yang melimpah ini, masih belum dimanfaatkan dengan baik oleh penduduk desa kami. Kelapa yang ditanam bertebaran didesa kami, hanya dijual per buah yang masih muda rata-rata laku dengan harga Rp.3000,- sampai Rp.4000,- saja.
Dengan cara pemanfaatan yang masih belum optimal, kami juga mengharapkan adanya sebuah pelatihan dalam pengembangan produk kelapa yang secara jumlah sudah lebih dari cukup untuk dapat menghidupi seluruh penduduk Desa Pakamban Daya. Jika harapan tersebut dapat terwujud, maka kami yakin taraf ekonomi yang sebelumnya ditunjang dengan hasil pertanian yang masih belum cukup berkembang, akan terangkat dengan hasil pengolahan kelapa dan tentunya akan benar-benar membuktikan bahwa pohon yang menjadi komoditi Desa Pakamban Daya ini adalah pohon seribu guna.
 

Previous
Next Post »